Pendidikan
adalah hal yang penting pada zaman sekarang, Indonesia pun menganggap
pendidikan sangat penting ini dapat dilihat banyak kebijakan tentang
Pendidikan. Pendidikan tentu memiliki unsur-unsur apakah saja itu berikut unsur
-unsur pendidikan secara lengkap.
Dalam proses
pendidikan melibatkan banyak hal, yaitu :
1)
Subjek yang dibimbing (peserta didik).
Peserta didik
berstatus sebagai subjek didik. Pandangan modern cenderung menyebut demikian
oleh karena peserta didik (tanpa pandang usia) adalah subjek atau pribadi yang
otonom, yang ingin diakui keberadaannya. Selaku pribadi yang memiliki ciri khas
dan otonomi, ia ingin mengembangkan diri (mendidik diri) secara terus menerus
guna memecahkan masalah-masalah hidup yang dijumpai sepanjang hidupnya
2)
Orang yang membimbing (pendidik).
Pendidik ialah orang
yang bertanggung jawab terhadap pelaksanaan pendidikan dengan sasaran peserta
didik. Peserta didik mengalami pendidikannya dalam tiga lingkungan yaitu
lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat. Sebab itu
yang bertanggung jawab terhadap pendidikan yaitu orang tua, guru,
pemimpin program pembelajaran, pelatihan, dan masyarakat/organisasi.
3)
Interaksi antara peserta didik dengan
pendidik (interaksi edukatif).
Interaksi edukatif
pada dasarnya adalah komunikasi timbal balik antar peserta didik dengan
pendidik yang terarah kepada tujuan pendidikan. Pencapaian tujuan pendidikan
secara optimal ditempuh melalui proses berkomunikasi intensif dengan memanifulasikan
isi, metode serta alat-alat pendidikan. Ke arah mana bimbingan ditujukan
(tujuan pendidikan).
4)
Tujuan
pendidikan
bersifat abstrak
karena memuat nilai-nilai yang sifatnya abstrak. Tujuan demikian bersifat umum,
ideal, dan kandungannya sangat luas sehingga sulit untuk dilaksanakan di dalam
praktek. Sedangkan pendidikan harus berupa tindakan yang ditujukan kepada
peserta didik dalam kondisi tertentu, tempat tertentu, dan waktu tertentu
dengan menggunakan alat tertentu.
5) Pengaruh
yang diberikan dalam bimbingan (materi pendidikan).
Dalam sistem
pendidikan persekolahan, materi telah diramu dalam kurikulum yang akan
disajikan sebagai sarana pencapaian tujuan. Materi ini meliputi materi inti
maupun muatan lokal. Materi inti bersifat nasional yang mengandung misi
pengendalian dan persatuan bangsa. Sedangkan muatan lokal misinya mengembangkan
kebhinekaan kekayaan budaya sesuai dengan kondisi lingkungan.
6) Cara
yang digunakan dalam bimbingan (alat dan metode).
Alat dan metode
pendidikan merupakan dua sisi dari satu mata uang. Alat melihat jenisnya
sedangkan metode melihat efisiensi dan efektifitasnya. Alat dan metode
diartikan sebagai segala sesuatu yang dilakukan ataupun diadakan dengan sengaja
untuk mencapai tujuan pendidikan.
7) Tempat
peristiwa bimbingan berlangsung (lingkungan pendidikan).
Lingkungan pendidikan
biasa disebut tri pusat pendidikan yaitu keluarga, sekolah dan masyarakat.
Pada postingan selanjutnya saya
akan menjelaskan unsur-unsur pendidikan lebih rinci lagi. Ini hanyalah
pembukaan atau perkenalan saja. Bila ada yang kurang tepat mari kita diskusikan
bersama Terimakasih.
Sumber :
- http://ilmukitanih.blogspot.com/2010/05/interaksi-pedagogis-antara-pendidik.html- -http://fatamorghana.wordpress.com/2009/04/11/tujuan-pendidikan/
- Sudirman N., Ilmu pendidikan,1987,Remadja Karya CV.
- Undang – undang SISDIKNAS Sistem Pendidikan Nasional, 2012, Fukosindo Mandiri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar