teks

Hello There.. sorry because this blog is my first so maybe will be empty for while because I need to think what must I share for you guys :D

Kamis, 24 Oktober 2013

Anak Berbakat



1.Pengertian anak berbakat    
Menurut Milgram R.M (1991),
Anak berbakat adalah mereka yang mempunyai skor IQ 140 atau lebih yang diukur dengan instrument Stanford binet , mempunyai kreativitas tinggi, kemampuan memimpin dan kemampuan dalam seni drama, music, tari dan seni rupa. 

Santrock (2004)               
Anak berbakat adalah anak yang memiliki kepandaian diatas rata-rata dan memiliki bakat yang tinggi dalam bidang seperti seni, musik atau matematik.

Menurut USOE (U.S office of education)
Anak berbakat adalah mereka yang oleh orang-orang professional diidentifikasikan sebagai anak yang mampu mencapai prestasi tinggi karena mempunyai kemampuan-kemampuan unggul. Anak tersebut memerlukan program pendidikan yang berdiferensiasi dan atau pelayanan diluar jangkauan program sekolah biasa agar dapat merealisasikan sumbangan mereka terhadap masyarakat maupun untuk pengembangan diri sendiri.

2.Karakteristik anak berbakat
Keberbakatan seseorang menurut pandangan Joseph Renzulli (1981)menyimpulkan bahwa yang menentukan keberbkatan seseorang pada hakikatnyayaitu:
1.      Kemampuan di atas rata-rata
Kemampuan umum ini diukur dengan tes inteligensi (WISC), tes prestasi(achievement test), tes bakat (aptitude test).


2.      Kretivitas
 ialah kemampuan untuk memberikan gagasan baru dan menerapkannyadalam pemecahan masalah. Kreativitas ini meliputi cirri-ciri kognitif (aptitude) sepertikelancaran, kelulusan (flesibilitas), dan keaslian (orisinalitas) dalam pemikiran,maupun ciri-ciri afektif (non aptitude) seperti rasa ingin tahu, senang mengajukanpertanyaan, dan selalu ingin mencari pengalaman baru.
3.      Tanggung jawab
Hal ini menunjuk pada semangat dan motivasi untuk mengerjakan danmenyelesaikan suatu tugas. Suatu pengikatan diri dari dalam diri.
Secara umum ciri-ciri anak berbakat


1.      Kecepatan belajar tinggi.
2.      Kosakata luas
3.      Daya ingat tinggi
4.      Penalaran baik
5.      Rasa ingin tahu besar
6.      Rasa humor tinggi
7.      Imajinasi luar biasa
8.      Rentang perhatian lama untuk hal-hal yang diminati
9.      Peduli terhadap masalah keadilan
10.  Tingkat energi tinggi
11.  Perfeksionis
12.  Cenderung terpaku pada bidang yang diminati
13.  Gemar membaca
14.  Emosi peka
15.  Lebih berkonsentrasi pada satu kegiatan


Ciri-ciri Perkembangan Kognitif Anak Berbakat


  1. Memiliki kemampuan superior
  2. Memiliki hasrat ingin tahu yang luas
  3. Memiliki minat yang luas
  4. Memiliki kemampuana berbahasa yang tinggi
  5. Mampu merespon secara cepat
  6. Mampu mengingat secara cepat
  7. Mampu mengikuti petunjuk yang sulit secara mudah
  8. Mampu membaca cepat
  9. Memiliki banyak hobby
  10. Memiliki minat baca dalam berbagai bidang pengetahuan
  11. Memiliki kemampuan matematika yang tinggi.


Perkembangan Fisik Anak Berbakat
Kecendrungan bahwa secara fisik anak berbakat lebih kuat, lebih besar, dan lebih sehat dari anak-anak yang normal. Reaksi-reaksi fisik terjadi lebih cepat dan lebih awal dari anak-anak biasa karena secara intelektual ia lebih mampu menyerap informasi dan stimulus dari luar.perkembangan psikomotorik dalam kemampuan koordinasi anak berbakat  cenderung lebih cepat dari rata-rata.
Perkembangan Emosi Anak Berbakat
Perkembangan ini sebenarnya sangat bergantung dengan keadaan lingkungan diamana anak berbakat tumbuh, ketika lingkungannya dapat membantu perkembangan anak menjadi positif maka mereka akan seperti itu begitu juga sebaliknya.
-          Positif
Memiliki tingkat kepercayaan diri yang kuat dalam upaya mencapai sebuah hasil. Peka terhadap sekitar. Senang terhadap hal-hal baru.
-           Negatif
Hal ini dapat terjadi karena bila lingkungan dimana anak berbakat tumbuh tidak ada yang mengerti mereka sehingga pertumbuhan anak berbakat dapat menuju kearah negatif.
1.     Mudah tersinggung
2.     Sulit menyesuaikan diri.

Perkembangan Sosial Anak Berbakat
  1. Merasa lebih senang dan lebih puas dengan keadaan dirinya sendiri.
  2. Emosionalnya lebih stabil.
  3. Lebih mandiri.
  4. Memiliki kecakapan kepemimpinan.
  5. Cenderung memiliki teman yang usianya lebih tua dari dirinya. 
3. Cara mengetahui Anak Berbakat
Cara yang paling mudah untuk menetukan anak berbakat adalah dengan menggunakan tes IQ. Tes yang ditemukan oleh binnet seorang psikolog dari Prancis sangatlah membantu dalam menentukan IQ seseorang.
Tingkatan anak berbakat berdasarkan IQ adalah sebagai berikut :
Keberbakatan ringan (IQ 115 – 129)
keberbakatan sedang (IQ 130 – 144)
keberbakatan tinggi (IQ 145 ke atas)
1.               Anak lebih cepat pandai bicara, dengan penguasaan kosakata yang jauh lebih banyak dari anak seumurnya. Dan anak berbakat lebih mudah untuk konsentrasi pada hal yang dianggapnya menarik
2.               Motoriknya lebih lincah di banding teman seumurannya, lebih mandiri dan lebih ligat dalam melakukan semua kegiatan
3.               Inisiatif besar dalam mencoba hal-hal baru baik itu permainan maupun imajinasinya
4.               Anak akan lebih aktif dan lebih susah di suruh tidur karena imajinasinya masih berputar pada hal-hal yang menarik baginya.

4.Kesulitan anak berbakat
O     Kesulitan menyesuaikan diri dengan anak seusianya.
Cara berpikir anak berbakat sangatlah berbeda dengan anak seusianya karena menurut Binnet anak berbakat adalah ketika mental age (MA) lebih jauh berkembang disbanding cronical age (CA)
O     Tertekan secara mental.
Karena cara berpikir anak berbakat yang jauh lebih dari pada kebanyakan orang sehingga tidak semua orang dapat mengerti anak berbakat sehingga mereka dapat tertekan secara mental. Tertekan secara mental pun dapat terjadi karena ekspetasi yang terlalu tinggi bagi anak berbakat. Orang selalu beranggapan anak berbakat baik dalam segala hal tapi satu hal yang kita lupakan yaitu minat dan bakat anak itu sendiri yang harus kita perhatikan.
O     Nilai (Grading)
Nilai yang selalu menjadi tolak ukur utama dalam pendidikan kadang menjadi momok bagi anak berbakat karena mereka sangat konsern dengan hal ini bila nilai tidak diberikan dengan tepat dan alasan yang tepat maka itu akan menjadi beban bagi anak berbakat.

O     Konsep diri
Hal ini penting bagi anak berbakat bila ia tidak dapat melihat konsep dirinya dan membangun secara positif maka perkembangan anak berbakat tidak akan maksimal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar